CARA CEK DOUBLE INPUT DATA DI EXCEL

kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara nya cek inputan data atau record yang double pada Microsoft Excel,
banyak contoh laporan atau tugas yang pada pengerjaan nya terdapat salah input terutama double input data,untuk mengatasi nya anda tidak usah repot cek manual sendiri, bisa pusing 7 keliling trus belum tentu benar data nya..hehe..
pada contoh tugas berikut saya akan berikan contoh cek data double pada perhitungan lemburan dengan menggunakan rumus sehingga data yang double atau salah bisa di cek dengan otomatis..langsung aja kita bahas contoh kasus berikut :

pada contoh data diatas diberlakukan syarat sebagai berikut :
1.data pada kolom NIKNama diperbolehkan double ( Ganda / sama  ) selama data di kolom Tanggal berbeda.
2.data pada kolom Tanggal  tidak boleh double ( Ganda / sama )

jadi pada contoh diatas kita harus memastikan bahwa tidak ada data pada kolom Tanggal yang Double ( sama ).
untuk memulai langsung saja kita fokus pada kolom keterangan / Kolom H, ketik rumus berikut hanya dibaris pertama atau data no 1 seperti contoh diatas.

Keterangan : D7 & D8 = Kolom Tanggal / Kolom D
                      C7 & C8 = Kolom Nama / Kolom D
rumus ini bisa di jabarkan sebagai berikut : jika  D7  ( Baris 1 ) = D8 ( Baris 2 ) dan C7 ( Baris 1 ) = C8 ( Baris 2 ) maka nilai yang diberikan adalah Nilai = "DOUBLE" Namun jika D7 & D8  tidak sama yang diberikan adalah nilai "OK"

Note : untuk baris selanjut nya anda tinggal copy dan paste saja  rumus nya

** pada contoh data diatas perhatikan data / record yang saya beri warna kuning,pada keterangan muncul keterangan "OK" Karena memiliki Nilai Pada Kolom Tanggal / D yang berbeda.
** pada contoh data diatas perhatikan data / record yang saya beri warna Unggu,pada keterangan muncul keterangan "DOUBLE" Karena memiliki Nilai Pada Kolom Tanggal / D yang Sama.

untuk lebih jelasnya silakan anda praktekan sendiri dengan contoh data dan rumus diatas,.
Selamat mencoba...
Note : jangan Lupa beli software nya yang asli ya..jangan bajakan..hehe... Microsoft Office Home & Student 2010 Key Card - 1PC/1User )


Terimakasih
fayol

3 komentar

Misalkan yang sama row 1 dengan 5 bagaimana bosss

Reply

Misalkan yang sama row 1 dengan 5 bagaimana bosss

Reply

di short ( urutkan) dulu mas budi data nya..kalau tidak di short bisa dikombinasikan dengan rumus vlookup mas

Reply

Post a Comment