Cara Membuat Grafik di Excel

Di dalam pekerjaan atau tugas pembuatan laporan, peran Grafik atau bagan sangat dibutuhkan dalam menjelaskan data tanpa bertele-tele,karena Grafik merupakan salah satu model penyajian data dalam bentuk visual yang memudahkan seseorang untuk mengetahui & memahami data yang di jelaskan.
di dalam Program Microsoft Excel terdapat fasiltas untuk membuat grafik atau bagan dengan mudah,berikut saya berikan contoh bagaimana membuat grafik atau bagan di Excel.

sebagai contoh kita gunakan data berikut untuk membuat bagan :
di dalam contoh data diatas saya ingin mengetahui grafik penjualan harian selama 5 hari kerja,mengalami kenaikan, pernurunan atau stabil.

untuk memulai membuat grafik ikuti langkah berikut :
blok atau drag bagian yang akan di buat grafik atau bagan nya ( jangan di blok atau drag semua bagian tabel karena akan membuat grafik atau bagan menjadi acak /sulit dibaca,pilih saja bagian yang memang di perlukan ) lihat contoh pada tabel yang saya blok.

langkah berikut nya klik menu berikut :
atau bisa klik gambar Chart di toolbar.

selanjut nya akan muncul menu berikut :
pilih bentuk Grafik atau Bagan yang anda inginkan di kolom Chart type
untuk contoh saya pilih Chart type Column ( lihat gambar diatas )

klik tombol Next akan muncul menu berikut :

Pilih opsi Rows atau Kolom pada kolom Series in
untuk contoh ini saya pilih opsi Columns karena saya ingin menapilkan Grafik berdasarkan kolom Nama Cabang.

klik tombol Next akan muncul menu berikut :

pilih tab Legend ( lihat gambar yang diberi tanda merah )
pilih penempatan keterangan sesuai keinginan anda,pada contoh ini saya menempatkan keterangan di bawah,dengan memilih opsi Bottom pada kolom Placement.

langkah berikut nya masih di menu yang sama pilih tab Titles   untuk membuat Judul Grafik atau bagan :
Ketik pada kolom Chart title untuk memberikan judul grafik atau bagan anda ( lihat contoh gambar )

klik tombol Next akan muncul menu berikut :
Pilih opsi As new Sheet untuk memudahkan anda bekerja pada Sheet baru.

Klik Tombol Finish. 



Selamat mencoba &  Semoga bermanfaat..

terimakasih
Fayol
Cianjur 2015

1 komentar :

makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

Reply

Post a Comment